Please wait...

Jurusan

  1. RPL
  • RPL adalah singkatan dari Rekayasa Perangkat Lunak dan merupakan sebuah jurusan yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). RPL adalah sebuah jurusan yang mempelajari dan mendalami  semua cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak dan manajemen kualitas. Bukan hanya itu RPL juga  berkaitan dengan software computer mulai dari pembuatan website, aplikasi, game dan semua yang berkaitan dengan pemrograman dengan menguasai bahasa pemrograman tersebut. Intinya RPL tidak akan jauh-jauh dari tiga hal yaitu Coding, Desain dan Algoritma yang akan menjadi kunci keberhasilan rekayasa perangkat lunak tersebut.

    Sejauh ini sangat banyak orang yang menyesal mengambil jurusan RPL dengan berbagai alasan mulai dari alasan ‘ngoding itu terlalu sulit’ ‘RPL itu sangat membingungkan’ ‘tidak bisa mengerti bahasa pemrograman’ ‘tidak bisa ngoding’ padahal sebenarnya usaha itu yang kurang. Pikir aja semudah apapun jurusan yang kalian ambil jika tidak dipelajari dengan sungguh-sungguh pasti tidak akan bisa bukan? Jadi intinya haya satu yaitu mau bekerja keras, tidak pantang menyerah, selalu berinovasi, banyak mencoba, gigih, banyak berdoa dan tekun belajar adalah kunci utama untuk sukses mempelajari codingan dalam jurusan RPL.

    Mungkin kamu masih bingung kenapa RPL sesusah itu? dibalik itu semua ada banyak manfaat yang dapat kita rasakan dalam mempelajari berbagai macam pelajaran yang ada dalam jurusan rekayasa perangkat lunak tersebut contohnya saja seperti :

  • Dapat mengerti cara membuat aplikasi bukan hanya menggunakan
  •  Jika kamu ingin membuat aplikasi dan kamu lebih memilih belajar secara otodidak dengan cara searching di google atau di youtube pasti akan sangat sulit karena kamu tidak memiliki dasar seperti yang diajarakan di sekolah. Ingatlah ngoding itu tidak semudah yang kamu kira karena karena saat membuat aplikasi kamu akan menemui banyak kendala seperti program error, syntak” yang tidak jelas, codingan yang tidak dimengerti dan masih banyak lagi.

  • Bisa belajar dimana saja
  • Ini maksud nya kamu tidak harus pergi ke tempat-tempat tertentu jika ingin belajar kamu cukup punya 1 buah laptop yang jaringan internet maka kamu sudah bisa belajar. Bahkan melalui smartphone pun kamu juga bisa belajar jadi kamu bisa memanfaatkan waktu jika berada dalam perjalanan dengan belajar program.

  • Mendapatkan ilmu yang tak ternilai harganya
  • Mahal? Kenapa? Tapi memang inilah keistimewaan jurusan RPL karena memang teknologi adalah segalanya di zaman sekarang ini. Bayangkan saja jika kamu membuka kursus bahasa pemrograman dengan bandrol 500 ribu hanya dalam 2-3 kali pertemuan untuk satu orang, pasti sudah besar banget gaji kamu perbulan nya.

  • Cukup lancar satu keahlian
  • Maksudnya bukan melarang kamu mempelajari banyak hal tapi di jurusan RPL ini kamu cukup memahami dan menguasai satu bidang keahlian saja misalnya satu bahasa pemrograman atau web desain yang benar-benar kamu pahami maka kemampuan itu akan menjamin kamu dapat pekerjaan. Toh di perusahaan terkenal seperti facebook, google, adobe dan lain-lainnya kita hanya bekerja menurut kemampuan kita masing-masing.

  • Banyak pekerjaan dimana-mana
  • Sekarang ini sangat banyak dibutuhkan tenaga kerja yang berada di bidang RPL, bagaimana tidak perusahaan startup saja sudah banyak berdiri dimana mana dan pastinya membutuhkan karyawan dengan kinerja yang berkualitas dan tentunya harus maniak computer atau mengerti computer dan software. Apalagi beberapa tahun ke depan nya pasti akan lebih banyak lagi karena setiap harinya teknologi yang ada akan terus berkembang pesat.

    Bagaimana ? tertarik masuk kedalam dunia RPL? Jika kamu menyukai teknologi pasti nya kamu akan sangat tertarik bukan? Apalagi jurusan ini masih baru di Indonesia jadi pastinya akan banyak orang berlomba lomba masuk ke jurusan tersebut. Tapi ingat syarat yang harus kamu siapkan untuk masuk ke jurusan RPL adalah :

  • Mental yang kuat
  • Logika yang jalan dan kuat
  • Giat dan mau belajar dengan keras
  • Rajin mencoba dan pantang menyerah
  • Laptop dengan spesifikasi yang lumayan tentunya untuk mensupport aplikasi-aplikasi yang akan digunakan

 

 

2. TKRO

Apa itu jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO)

Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) merupakan kompetensi keahlian pada rumpun program keahlian teknik otomotif. Beberapa tahun lalu mungkin kita familiar dan mengenal jurusan ini dengan Teknik Otomotif. Jurusan ini memfokuskan peserta didiknya dalam bidang otomotif khususnya mobil baik niaga maupun penumpang. Siswa akan dibekali keterampilan seperti melakukan perawatan dan perbaikan komponen mobil sampai dengan perbaikan mobil sesuai dengan standar yang ditetapkan. 

 

Apa saja yang dipelajari

Sebagai gambaran siswa jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) akan mempelajari mata pelajaran yang digolongkan dalam muatan nasional, muatan kewilayahan dan muatan kejuruan. Pada muatan nasional dan kewilayahan, sama seperti jurusan- jurusan SMK yang lainnya, mapel yang dipelajari seperti Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, dan sebagainya. 

 

Pada muatan kejuruan sub dasar bidang keahlian mencakup Simulasi dan Komunikasi Digital, Fisika, dan Kimia. Sedangkan sub dasar program keahlian mencakup Gambar Teknik Otomotif, Teknologi Dasar Otomotif, dan Pekerjaan Dasar Otomotif. mapel pada sub dasar bidang keahlian dan sub dasar program keahlian relatif sama dengan mapel pada  rumpun teknik otomotif. 

 

 

Terakhir, mapel sesuai bidang keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) meliputi Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan, Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan, Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan dan Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Mapel ini dipelajari sesuai dengan bidang keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) dan akan dipelajari pada kelas XI.

 

Peluang Kerja dan Karir

Sekarang ini banyak SMK yang sudah bekerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri dengan meneken MOU dengan berbagai perusahaan otomotif terkemuka sehingga lulusan SMK jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) yang memiliki keterampilan dan memenuhi syarat akan secara langsung terserap dalam dunia kerja. Siswa lulusan bisa bekerja menjadi teknisi atau pekerja dalam industri tersebut.

 

Selain itu, dengan keterampilan yang dimiliki, lulusan juga bisa membuka lapangan kerja sendiri atau berwirausaha sesuai bidangnya, misalnya dengan membuka bengkel pribadi atau semacamnya.

 

3. TBSM

Teknik dan Bisnis Sepeda Motor adalah kompetensi keahlian pada Bidang Studi Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Studi Keahlian Teknik Otomotif yang menekankan pada keterampilan pelayanan jasa mekanik kendaraan sepeda motor roda dua. Kompetensi Keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor menyiapkan peserta didik untuk bekerja pada bidang pekerjaan yang dikelola oleh badan, instansi atau perusahaan maupun pribadi (wirausaha).

 

Tujuan Kompetensi Keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor secara umum mengacu pada isi Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu.

 

TUJUAN KOMPETENSI KEAHLIAN KEAHLIAN TEKNIK DAN BISINIS SEPEDA MOTOR

Secara khusus tujuan kompetensi keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan, dan sikap yaitu :

  1. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik,
  2. Mendidik peserta diklat agar menjadi warga negara yang bertanggungjawab,
  3. Mendidik peserta diklat agar dapat menerapkan hidup sehat, memiliki wawasan pengetahuan dan seni,
  4. Mendidik peserta diklat dengan keahlian dan keterampilan agar kompeten dalam bidang keahlian teknik sepeda motor, agar dapat bekerja baik secara mandiri atau mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah,
  5. Mendidik peserta diklat agar mampu memilih karier, berkompetisi dan mengembangkan sikap profesional,
  6. Membekali peserta diklat dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai bekal bagi yang berminat untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi atau universitas

4. FARMASI

Jurusan farmasi yang mempunyai mata pelajaran, farmasetika, farmakognosi, farmakologi, undang – undang  Kesehatan, keselamatan, kerja dan lingkungan hidup mempunyaiBanyak prospek kelulusan kerja. Prospek  pada pemerintahan yakni pada  kementrian kesehatan,bpom dan dinas kesehatan provinsi/kab kota. Untuk non pemerintah prospek lulusan menjadi industri staf, marketing, pelayanan pada rumah sakit, klinik, apotek, toko obat.

Jurusan farmasi pada smk yadika pagelaran sudah dilengkapi dengan laboratorium farmasi yang dilengkapi dengan berbagai lata praktek yang lengkap yang menujang proses belajar.

 

 

5. AKUNTANSI

Pembelajaran akuntansi terdiri dari pembelajaran manual dan akutansi computer (MYOB), dengan mempelajari pelajaran akuntansi siswa dapat mengembangkan pengetahuan dalam dunia akuntasi dan membuat pembukuan keuangan baik untuk perusahaan jasa, perusahaan dagang, dan perusahaan manufaktur. 

 

Lulusan terbaik siswa siswi jurusan akuntansi, ada yang melanjutkan kuliah kuliah ada yang juga yang langsung diserap dunia kerja. Karena untuk siswa akuntansi mayoritas alumninya langsung masuk kedunia kerja setelah lulus. Untuk jurusan akuntansi materi pembelajaranya mengenai pembukuan keuangan, maka tidakada karya yang bersifat real atau produk nyata yang bisa di pamerkan tapi ada banyak lulusan kami yang bisa anda lihat dan tersebar di prusahaan-perusahaan yang tersebar di Indonesia.

Keunggulan jurusan akuntansi disbanding dengan jurusan lain adalah siswa siswi akuntansi mampu melakukan pembukuan keuangan dari yang sederhana sampai yang kompleks, baik manual maupun computer akuntansi (MYOB), lulusan akuntansi lebih teliti dalam bekerja disbanding lulusan lain karena mereka telah dilatih untuk selalu bekerja secara teliti yang dikarenakan berhubungan dengan keuangan dan lulusan akuntansi lebih fleksibel dalam terjun didunia kerja dan lebih luas kesempatan kerjanya disbanding jurusan lain.